RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 4 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/II
Keterampilan Bhs : Menulis
(Writing)
Genre : Descriptive
Tema/Topik : Class profile
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 1
x 45 menit (1 pertemuan)
I. Standar Kompetensi
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei
sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
II. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam
bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
III. Indikator
Setelah
menyelesaikan pelajaran menulis
jenis teks descriptive ini, peserta didik diharapkan
mampu:
a.
Mengekspresikan ide utama pada descriptive
text
b. Membuat ide/ gagasan pendukung dalam descriptive text
c. Menggunakan kata-kata dan frasa yang tepat
untuk mengekspresikan gagasan pada teks descriptive
d. Menggunakan tatabahasa tertentu (grammar) untuk membuat kalimat yang
tertata pada descriptive text
e. Menggunakan cohesive device yang sesuai untuk membuat teks yang tertata pada
descriptive
f. Menggunakan tanda baca yang sesuai untuk
menunjukan tujuan dari suatu ungkapan dalam descriptive
text
IV. Materi Ajar
Terlampir
(lampiran 1)
V.
Metode Pembelajaran
Process approach
VI. Prosedur
Pembelajaran
A.Pendahuluan
1. Memberi salam
2. Berdoa
3. Mengecek kehadiran siswa
4. Mereview palajaran sebelumnya
5. Mengetengahkan topik pelajaran
6. Menjelaskan tujuan pelajaran
7. Menjelaskan manfaat pelajaran
B.Kegiatan Inti
Tahap
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Prewriting
|
1. Menunjukkan
gambar tentang gambar seseorang
dan menga- jukan beberapa pertanya- an, seperti What picture is it? What do you see in the picture? What is in your
mind when you see the picture?
2.
Menyampaikan kepada
siswa bahwa mereka akan mempelajari
dan membuat descriptive text,
kemudian meminta siswa menebak informasi yang akan dijumpai dalam teks.
3.
Memperlihatkan
contoh teks descriptive yang berupa profile seseorang
4.
Menyampaikan
kepada siswa bahwa mereka akan bermain class
profile game.
|
1.
Menjawab pertanyaan
guru sesuai dengan persepsi dan gambar.
2. Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru.
3. Memperhatikan dan mencatat.
4. Memperhatikan arahan guru.
|
Drafting
|
1.
Meminta kelas mengambil undian yang tertulis nama dari teman
sekelas.
2.
Minta
masing siswa yang sudah mendapatkan undian untuk menuliskan apa yang mereka
ketahui tentang profile dari teman mereka seperti,
a.
Physical
description
b.
Families
c.
Job,
hobbies and interest
d.
Past
experiences
e.
Future
ambition
f.
Attitude
and opinion
3.
Meminta masing-masing
siswa mengembangkan poin yang sudah
|
1.
Kelas mengambil undian.
2.
Masing-masing siswa menuliskan apa yang mereka ketahui tentang
teman mereka yang tertulis dikartu.
3.
siswa mengembangkan
poin yang sudah ditentukan
|
Revising
|
1. Mengajak siswa untuk meneliti kembali pekerjaan
siswa
2. Mengajak siswa mengedit dan merevisi teks
descriptive siswa.
|
1. Siswa meneliti kembali pekerjaan mereka
2. Siswa mengedit dan merevisi teks descriptive mereka
|
Rewriting
|
1. Mengajak siswa untuk menulis kembali hasil pekerjaan
mereka yang telah direvisi.
|
1. Siswa menulis tulisan yang telah direvisi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar